Benar-Benar Belajar - atha's scrapbook

April 22, 2013

Benar-Benar Belajar


Hari ini saya banyak sekali belajar

Saya harus belajar menerima kenyataan bahwa hidup tidak selamanya adil
Ada yang salah ada yang benar
Ada yang besar ada yang kecil
Ada yang bicara tetapi tidak didengar, dan ada juga yang bicara namun tidak mau mendengarkan

Saya belajar bersabar dan mengerti waktu
Mengerti dan paham kapan harus bertindak dan kapan harus diam
Dan ketika pahlawan-pahlawan disana tertawa dan berteriak 'merdeka', saya tahu bahwa saya hanya harus diam dan tersenyum
Saya tahu bahwa saya juga akan punya waktu untuk berteriak 'merdeka', nantinya, harusnya

Saya belajar bagaimana seharusnya belajar
Saya harus paham harusnya tidak akan ada hasil tanpa usaha, yang selain itu hanya omong kosong
Saya juga harus mengerti bahwa saya tidak selamanya benar, tidak selalu duduk diatas, singkatnya kata orang banyak roda selalu berputar, kan?

Saya belajar untuk adil
Ketika saya bahagia, orang lain juga boleh bahagia
Ketika saya punya hak untuk bermimpi, orang lain juga berhak bermimpi
Ketika saya punya kesempatan, orang lain juga harus punya
dan
Ketika saya mendahulukan ego saya, saya tidak boleh marah ketika orang lain mendahulukan ego mereka
Ketika saya berbicara tanpa melihat dan mendengar, tentu tidak apa-apa ketika orang lain berbicara tanpa melihat dan mendengar
Dan ketika saya tidak peduli, harusnya tidak jadi masalah ketika orang lain juga tidak peduli
Saya hanya tidak boleh meledak ketika orang lain melakukan hal-hal yang sama seperti yang saya lakukan

Hidup sudah tidak adil, mengapa saya harus ikut-ikutan?


btw, Selamat Hari Bumi 2013!
Malang,22april2013
atha

No comments:

Post a Comment