Nggak Semua Salahnya Pemerintah - atha's scrapbook

March 3, 2013

Nggak Semua Salahnya Pemerintah


Hari ini saya mendapat beberapa broadcast messages di bbm yang isinya tentang isu UAN (Ujian Akhir Nasional) dengan 20 paket. Kurang lebih intinya, pesan itu mengandung kutukan bagi pemerintah yang dengan teganya memberikan 20 paket soal yang berbeda. Pesan itu mengatakan bahwa pemerintah seenaknya menekan batin siswa. Mengapa pemerintah menuntut siswa untuk menguasai seluruh mata pelajaran?  Mengapa tidak dari kecil disuruh memilih jurusan? Mengapa pemerintah tega menyiksa siswa dengan 20 paket soal? Mengapa pemerintah tidak mengurusi masalah koruptor?

WELL.

Apakah pemerintah sepenuhnya bisa disalahkan?

Sekarang gantian deh saya yang tanya.

Memangnya kalo UAN ada 20 paket soal kenapa? Takut nggak bisa nanya temen sekelas? Takut harga kunci jawaban jadi lebih mahal? Takut ribet sms ke kelas-kelas sebelah? Ngerjain ujian kan sendiri-sendiri.

Mungkin saya terdengar sok pinter, sok hebat. Saya juga pelajar kok, nanya temen pas ujian ya pernah. Tapi menurut saya UAN dengan 20 paket soal bukan harusnya jadi rutukan. Mungkin pemerintah mau mengajarkan kejujuran...
Memang sih, saya juga jengkel, kesel, kenapa UAN dijadikan patokan / nilai ukur kelulusan siswa. Masa 6 tahun, 3 tahun, ditentuin sama 4 hari? Gak lucu.
Tapi ambil sisi positifnya ajadeh. Kan kita udah tau kalo UAN itu nyeremin, bikin stress. Jadi ada satu cara yang murah tapi bikin males, bikin ribet, bikin ngantuk, tapi dijamin lulus. Apa? Yak, betul. Belajar...

Mengapa pemerintah menuntut siswa untuk menguasai seluruh mata pelajaran?  Mengapa tidak dari kecil disuruh memilih jurusan, memilih mata pelajaran yang disukai?

Saya tanya deh buat yang udah SMA. Yang udah lebih dewasa dibanding SD sama SMP. Milih jurusan bikin lo stress gak? Nentuin IPA, IPS, apa Bahasa. Belom lagi kalo beda pendapat sama orang tua. Belom lagi galau karena ternyata pilihan pacar dan sahabat beda sama lo.
NAH GIMANA KALO ANAK SD YANG LO SURUH MILIH JURUSAN? *emaap lupa matiin capslock

Anak SMA aja masih bingung. Apalagi anak SD.

Ambil sisi positifnya ajadeh. Dengan mempelajari semua mata pelajaran, pengetahuan kita tentunya jauh lebih banyak. Keuntungan lain, dengan mempelajari semua mata pelajaran lo bisa tau mana yang lo suka mana yang enggak, lo bisa tau lo bakat dimana, dan itu bekal buat milih jurusan pas SMA sama pas kuliah.
Kayak contoh, di sekolah saya ada 5 pilihan bahasa asing. Pas semester 1 kelas X semua siswa diwajibkan mempelajari kelimanya. Awalnya sih ngeluh, ribet, bingung. Tapi ternyata seru juga. Nah setelah satu semester nyobain kelimanya, saya jadi tahu mana yang saya suka, mana yang saya mau ambil. Gitu juga dengan mata pelajaran, jadi ketika lo udah cukup dewasa untuk memilih jurusan dan mata pelajaran yang lo suka, lo bakal udah siap:)

Teman, sebelum menuntut hak kita, harusnya kita tanya dulu sama diri kita sendiri, udah belom kita melaksanakan kewajiban? Kata bu guru, harusnya kita itu ngerjain kewajiban dulu, baru menuntut hak. Jadi, daripada ngomel-ngomel mengutuki pemerintah, bikin prestasi dong. Tunjukin sama orang-orang di luar sana kalo dengan kurikulum Indonesia yang berat ini kita masih bisa berprestasi dan bikin harum nama sekolah, daerah, bahkan Indonesia.

Semangat ya! Inget kita nggak akan berenti belajar saat lulus sekolah, karena kita akan belajar untuk hidup yang sesungguhnya saat kita nanti terjun langsung ke masyarakat.

Kesimpulan dari postingan kali ini adalah... jangan pernah menilai suatu permasalahan dari satu sudut pandang. Coba juga nilai dari sudut pandang-sudut pandang yang lain dan nilailah mana yang paling benar. Gua yakin kok lo udah cukup dewasa untuk membedakan yang benar dan yang salah :))



Das ist alles und danke schon!
Gute Nacht :*

atha

No comments:

Post a Comment